Segi Berapa

Rekomendasi usia : 4 tahun


Ceritanya saya sudah bikin mainan ini sejak lama saat kakak kesusahan membedakan segiempat dan persegi. Jadi dulu dia kira yg berbentuk segiempat hanya persegi & persegi panjang aja, tp ternyata banyak bentuk lain.

Tapi karena ternyata kakak udah paham setelah baca buku dan daripada mainan ini mubadzir, biar adik aja deh yg main.. Sambil belajar ngitung dan belajar bentuk geometri.. 😉

Alat & bahan :
🔹Kertas A4
🔹Spidol hitam
🔹Spidol & crayon 4 warna

Alat dan bahan


Cara Membuat:
1. Gambar beberapa bentuk pola segitiga, segiempat, segilima, segienam pada kertas A4. Diusahakan bentuknya yg agak aneh2 gitu.

2. Tulis kode warna untuk masing2 bentuk dgn menggunakan spidol dgn waena berbeda.

3. Siapkan krayon untuk si kecil mewarnai bentuk tsb.

Siap dimainkan

Cara bermain :
✅ Minta si kecil menghitung sisi dari bentuk tersebut lalu tanyakan apakah itu termasuk segitiga, segiempat, segilima atau segienam.

✅ Setelah paham ajak dia mewarnai bentuk segi tersebut sesuai dgn kode warnanya.

Mewarnai sesuai bentuknya

Awalnya adik tampak kesulitan mencocokkan menghitung sisi segi yg bentuknya aneh, agak tertipu juga karena bentuk layang2 dikira segitiga.. 😄 It's okey.. Tp alhamdulillah lama2 paham..
Selesai diwarnai

Permainan ini dpt menstimulasi :
🔹Motorik halus
🔹Fokus & konsentrasi
🔹Persepsi visual
🔹Kemampuan kognitif


Yuk cobain bareng si kecil bun ♥

 

dolananseru

Kumpulan permainan yang pernah dimainkan Sakhakhi. Disimpan di blog supaya lebih gampang dicari untuk dibaca kembali. Semoga bisa menginspirasi. Selamat bermain dengan sang buah hati.. :)

No comments:

Post a Comment