Gunting dan Pindahkan

Rekomendasi usia : 4 thn


Makin gede adik jadi demen mainan gunting-gunting. Kadang random banget guntingnya, nemu kertas yg sepertinya ga kepake langsung digunting jadi kecil-kecil. Kali ini saya ajak adik untuk menggunting dgn mengikuti bentuk geometri, supaya mengguntingnya bisa ngikutin garis batas.. Plus ada stimulasi oral yg cocok buat adik yg kadang ngomongnya agak kurang jelas.. 
 
Bahan - bahan :
🔹Kertas A4
🔹Spidol hitam
🔹Gunting kecil
🔹Sedotan boba
🔹Nampan berisi air
Bahan-bahan


Persiapan :
1. Gambar beberapa bentuk geometri pada kertas, lalu gunting sehingga membentuk lembaran kartu geometri.

2. Siapkan gunting, sedotan dan baki berisi air. Siap dimainkan

Siap dimainkan

Cara bermain :
✔ Minta si kecil untuk menggunting kartu mengikuti bentuk geometri, sambil ajak si kecil untuk menyebutkan bentuk-bentuk yg dia gunting

✔ Tata potongan kertas geometri di atas meja lalu minta si kecil untuk memindahkan kertas tersebut dgn menggunakan sedotan ke nampan berisi air. Jika kesulitan, beri contoh cara menyedot dan meniupkan kertas tersebut.
✔ Setelah semua potongan kertas berhasil dipindahkan ke nampan, ajak si kecil mengamati kertas tersebut. Bebaskan untuk bereksplorasi apakah kertas mau diremes remes atau dirobek. Bebas dah.. 
 
Penuh konsentrasi
 
Adik happy banget main ini. Waktu memindahkan kertas pakai sedotan, dia tampak kesusahan tapi seru katanya. Paling happy adalah part remes-remes kertas di air karena bisa sambil pretend play.
Part remes-remes kertas

Permainan ini dpt menstimulasi :
🔹Koordinasi mata dgn tangan
🔹Motorik halus (pre writing)
🔹Kemampuan kognitif
🔹Kemampuan oromotor
🔹Kekuatan jari
🔹Kesabaran
🔹Sensory
 

Selamat mencoba bareng si kecil bun ❤

 

dolananseru

Kumpulan permainan yang pernah dimainkan Sakhakhi. Disimpan di blog supaya lebih gampang dicari untuk dibaca kembali. Semoga bisa menginspirasi. Selamat bermain dengan sang buah hati.. :)

No comments:

Post a Comment