Mengenal Puasa


Rekomendasi usia : mulai 3,5 thn


Sebenernya ini latepost bgt karena adik maininnya pas bulan puasa lalu 😄. Ceritanya adik blm tau detail ttg puasa, taunya cuma ga makan makanan tertentu aja. Pas kakaknya puasa, dia bilang aku juga puasa yogurt.. Ga makan yogurt maksudnya.. Baiklah.. Jadi kepikiran main susun huruf sambil bacain buku ttg puasa untuk adik.. Kebetulan adik pny buku Halo Balita lungsuran kakaknya dulu..

Bahan - bahan :
🔹Kertas A4
🔹Gunting
🔹Spidol hitam
🔹Post it
🔹Buku ttg puasa
Alat dan bahan


Persiapan :
1. Tulis tulisan 'puasa' pada kertas menggunakan spidol. Lalu tempelkan pada dinding. Karena dinding rumah saya ga rata, jadinya ditempel di poster aja.
Tulisan puasa

2. Tulis huruf2 yg menyusun kata 'puasa' pada post it. Lalu tempelkan secara acak pada kanan dan kiri tulisan 'puasa' yg sudah ditempel di dinding.
Menulis huruf pada post it

3. Siapkan buku untuk dibacakan kepada anak saat sebelum bermain

Siap dimainkan

Cara bermain :
✔ Sebelum bermain bunda bisa ajak si kecil membaca buku ttg puasa..

✔ Lanjut minta si kecil untuk menempelkan huruf2 penyusun kata 'puasa' pada dinding. Susun di bagian bawah contoh kata nya ya..

✔ Ajak juga si kecil untuk menyebutkan huruf2 yg dia tempel..
 
Asyik menempel

Adik seneng, cuman agak emosi ketika post it nya jatuh2 karena nempelnya kurang rekat.. Kegiatan ambil post it yg jatuh lalu berdiri untuk menempelkannya lagi bisa jadi latihan motorik kasar jg jadinya 😁
 
Oh ya jika ingin belajar huruf2 penyusun kata yg lain, tinggal diganti saja bun.. Misalkan diganti dgn nama si kecil, jadi bisa jadi ide main untuk mengenalkan huruf2 apa saja yg ada pada nama si kecil...
Happy

Permainan ini dpt menstimulasi :
🔹Pengenalan huruf (bahasa)
🔹Motorik halus & kasar
🔹Koordinasi mata & tangan
🔹Daya ingat (kognitif)
🔹Fokus & konsentrasi
🔹Kesabaran anak
 

Selamat bermain bareng si kecil bunda ❤

 

dolananseru

Kumpulan permainan yang pernah dimainkan Sakhakhi. Disimpan di blog supaya lebih gampang dicari untuk dibaca kembali. Semoga bisa menginspirasi. Selamat bermain dengan sang buah hati.. :)

No comments:

Post a Comment