Checklist Indikator Perkembangan Anak Usia 0 hingga 6 tahun (Diknas)

Hi semua, dolananseru mendapatkan materi yang sangat penting tentang checklist indikator perkembangan anak. Materi checklist ini kami dapatkan dari sumber website Rumah Inspirasi. Checklist ini dibuat oleh Pusat Kurikulum Dinas Pendidikan (Diknas), berdasarkan materi Konsep Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Non Formal.

Pengembangan kurikulum untuk PAUD Non Formal yang dibuat oleh Diknas mengacu pada bidang :
  • Moral dan nilai-nilai agama
  • Sosial, emosional, dan kemandirian
  • Bahasa
  • Kognitif
  • Fisik/Motorik
  • Seni
Indikator ini merupakan sebuah penunjuk dan alat bantu untuk mengetahui perkembangan anak secara umum. Jadi bukan harga mati dan juga bukan sebagai alat ukur yang saklek untuk menilai perkembangan anak. Ingat, setiap anak itu unik, pastinya perkembangannya akan berbeda-beda pula. Orang tua jangan sampai memaksakan anak-anak untuk memenuhi semua indikator tersebut. Dengan alat bantu indikator ini, orang tua diharapkan dapat merancang stimulasi-stimulasi yang sesuai untuk perkembangan anak.

Berikut adalah checklist indikator perkembangan anak bersumber dari Rumah Inspirasi, silahkan didownload :)

dolananseru

Kumpulan permainan yang pernah dimainkan Sakhakhi. Disimpan di blog supaya lebih gampang dicari untuk dibaca kembali. Semoga bisa menginspirasi. Selamat bermain dengan sang buah hati.. :)

1 comment:

  1. Selamat siang kak
    Izin download dan di bagikan ke teman grup boleh atau tidak?

    ReplyDelete