Denting Gelas

Rekomendasi usia : mulai 3 tahun

.
.
Ceritanya kakak abis nonton film kartun yg tokohnya lg pegang gelas kaca berisi air. Waktu gelas itu digesek pake tangan bakal muncul suara gitu. Kakak penasaran banget, tapi setelah dicoba ternyata ga muncul suara apa-apa 😅.

Nah udah terlanjur mainan gelas kaca nih, lanjut ambil sendok sekalian dah biar bs main musik..
.
.
Bahan - bahan :
🔹4 buah gelas kaca atau lebih
🔹Tray/baki
🔹Sendok logam
🔹Air
.
.
Persiapan :
1. Tata empat gelas kaca pada baki dengan susunan berjejer.

2. Isi gelas dengan volume air yg berbeda-beda. Gelas pertama sedikit, kedua makin banyak, ketiga lebih banyak, dan yg keempat hampir penuh.

3. Siapkan sendok.
.
.
Minta si kecil untuk mengetukkan sendok logam pada masing-masing gelas, lalu minta si kecil untuk mendengarkan suara yg dihasilkan ketukkan tersebut.

Kakak enjoy banget main ini. Dia nampak penasaran kenapa kok suara yg dihasilkan bisa berbeda-beda.

Begini penjelasan sainsnya :
▫ Saat kita mengetuk gelas menggunakan sendok, maka akan menghasilkan getaran pada gelas. Getaran tsb akan menghasilkan gelombang bunyi yang dihantarkan oleh air.
▫ Gelas yang berisi semakin banyak air akan menghasilkan getaran yang semakin sedikit, sehingga suaranya menjadi rendah. Begitu jg sebaliknya.

Walaupun belum terlalu paham saat dijelaskan, its okey. Kakak lanjut eksplorasi untuk menghasilkan musik, sampai adiknya pun jg kepo 😅
.
.
Permainan ini dpt menstimulasi :
🔹Motorik halus
🔹Fokus & konsentrasi
🔹Aspek kognitif
🔹Aspek seni & bahasa
.
.
Selamat bermain bareng si kecil bunda ❤
.
.

dolananseru

Kumpulan permainan yang pernah dimainkan Sakhakhi. Disimpan di blog supaya lebih gampang dicari untuk dibaca kembali. Semoga bisa menginspirasi. Selamat bermain dengan sang buah hati.. :)

No comments:

Post a Comment