Piramida Angka

Rekomendasi usia : mulai 6 tahun
Kelas 1 SD banyak belajar tentang penjumlahan dan pengurangan, baik satuan atau puluhan. Supaya hitung-hitungannya lebih mateng lagi, kakak main piramida angka. Lebih menantang karena hasil penjumlahannya ditulis di atas plus butuh ketelitian buat mengerjakannya. Ketika ada salah di bagian bawah, maka bagian atasnya pun ikut salah.

Bahan - bahan :
­čö╣Kertas A4
­čö╣Spidol warna-warni
­čö╣Pensil
­čö╣Penggaris
­čö╣Gunting
Bahan-bahan

Persiapan :
1. Gambar beberapa bentuk piramida dengan spidol warna warni. Urutannya 4 kotak paling bawah, lalu 3 kotak di atasnya, 2 sampai 1 kotak paling puncak.

2. Tulis angka-angka pada kotak bagian bawah. Untuk soal paling gampang saya tulis angka 1, 2, 3, 4 pada kotak piramid paling bawah. Untuk soal yg lebih sulit, tulis beberapa angka pada urutan paling bawah dan di atasnya, sehingga anak belajar tentang pengurangan.

3. Gunting pola piramida.

4. Siapkan spidol atau pensil untuk si kecil menjawab soal.
 
Siap dimainkan

Cara bermain :
✔ Minta si kecil mengerjakan soal dengan menjumlahkan 2 angka yg bersebelahan lalu hasil penjumlahan ditulis di atasnya.

✔ Untuk soal pengurangan, minta dia menuliskan hasil pengurangan angka di atas dengan angka di bawahnya.

 
Hitung yuk


Awal mengerjakan game dgn soal 1, 2, 3, 4 kakak ga mengalami kesulitan karena nominal angkanya kecil. Ketika nominal angkanya puluhan dijumlahkan dengan puluhan baru deh dia agak bingung, akhirnya saya kenalin dengan metode penjumlahan bersusun. Seru katanya malah mau nambah soal lagi ­čśä. Untuk soal x ditambah berapa akan menghasilkan y, awalnya dia juga agak bingung memahami sebagai pengurangan. Tapi lama2 setelah tau patternnya jadi bisa. Good job!
 
Hasil akhir

Permainan ini dpt menstimulasi :
­čö╣Kemampuan berhitung (kognitif)
­čö╣Daya ingat
­čö╣Kesabaran & ketelitian
­čö╣Motorik halus
­čö╣Fokus & konsentrasi
 


Selamat mencoba bareng si kecil bun ­čĺĽ

 

dolananseru

Kumpulan permainan yang pernah dimainkan Sakhakhi. Disimpan di blog supaya lebih gampang dicari untuk dibaca kembali. Semoga bisa menginspirasi. Selamat bermain dengan sang buah hati.. :)

No comments:

Post a Comment