Go Go Buldozer

Rekomendasi usia : mulai 3 tahun

Kakak & adik demen banget main mobil2an. Main bebas aja kadang pura2 memarkir, macet2an, angkut2 barang, antri cuci mobil, dll. Kali ini pretend play angkut2 barang dikombinasikan sambil belajar warna plus hitung-hitungan. Thank you for the idea @my_busy_kid 🤩.

Bahan - bahan :
🔹3 lembar kertas A4
🔹Lem kertas
🔹Board marker hitam
🔹Spidol warna-warni
🔹Mainan buldozer (angkutan berat)
🔹Manik warna-warni
Bahan-bahan

Persiapan :
1. Tempelkan beberapa kertas sehingga berbentuk memanjang.

2. Gambar lintasan jalan pada kertas dgn menggunakan board marker.

3. Pada sisi-sisi jalan gambarkan zona tertentu. Untuk adik, saya menggambar ttg zona warna yg disesuaikan dgn warna manik-manik. Sedangkan untuk kakak, saya menggambar ttg soal penjumlahan sederhana yg jg menggunakan spidol warna sesuai warna manik-manik.

4. Siapkan manik-manik dan mainan buldozer, siap dimainkan.
Lintasan untuk adik

Lintasan untuk kakak

Cara bermain :
✔ Untuk permainan zona warna, minta si kecil untuk menaruh manik pada buldozer kemudian mengangkutnya pada zona warna yg sesuai.

Adik asik main lintasan warna

 Untuk permainan berhitung, minta si kecil untuk menghitung soal & melihat warna pada soal. Kemudian minta dia mengangkut manik-manik sesuai jumlah & warnanya.

Kakak asik main sambil berhitung

Kakak & adik betah berlama-lama main ini. Tp ada kejadian dimana adik ngambek ga mau main karena capek 😆. Ternyata mengangkut manik-manik emang gak gampang, butuh kesabaran, apalagi saat menuangkannya dalam zona warna, manik-manik akan berceceran kemana-mana 😂. Tiba2 kakak punya solusi untuk mengganti manik2 dgn balok kayu.

Akhirnya mereka main bareng lagi. Lintasan warna & berhitung digabung menjadi satu supaya lebih puanjaaang. Kakak jg menambahkan guling di bawah lintasan supaya naik turun kayak diperbukitan 😆. Oh ya selesai main mereka juga bisa belajar menggulung lintasan supaya mudah disimpan. Banyak manfaatnya 🤩

Permainan ini dpt menstimulasi :
🔹Motorik halus & kasar
🔹Daya ingat (kognitif)
🔹Koordinasi mata & tangan
🔹Fokus & konsentrasi
🔹Kemampuan visual
🔹Kesabaran
🔹Imajinasi

Hasil akhir

Yuk cobain bareng si kecil bun ❤

dolananseru

Kumpulan permainan yang pernah dimainkan Sakhakhi. Disimpan di blog supaya lebih gampang dicari untuk dibaca kembali. Semoga bisa menginspirasi. Selamat bermain dengan sang buah hati.. :)

No comments:

Post a Comment